Text
Perempuan dan Pendidikan IPTEK: Program STVE Untuk Anak Perempuan: Analisa Kebutuhan dan Pemantauan Implementasi Proyek Pecontohan STVE/UNESCO di Tiga Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia
Buku ini membahas keterlibatan anak perempuan dalam pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) melalui proyek percontohan Science and Technology and Vocational Education (STVE) yang difasilitasi UNESCO di tiga Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Analisis kebutuhan dilakukan untuk memahami hambatan kultural, struktural, maupun psikologis yang membatasi akses perempuan terhadap pendidikan kejuruan berbasis IPTEK.
Pemantauan implementasi program menunjukkan bahwa meskipun terdapat kendala berupa stereotip gender, keterbatasan fasilitas, dan resistensi lingkungan sosial, inisiatif STVE mampu meningkatkan minat serta partisipasi anak perempuan dalam bidang teknologi dan vokasi. Buku ini merekomendasikan strategi penguatan, termasuk penyediaan lingkungan belajar yang inklusif, dukungan kebijakan, dan pemberdayaan guru, agar pendidikan IPTEK dapat menjadi sarana efektif bagi peningkatan kualitas dan kemandirian perempuan.
KP.I 0240 | 305.5 ROS P | My Library (FEMINIS 4) | Available |
No other version available