Perpustakaan Komnas Perempuan

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan

Text

Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan

Kasiyan - Personal Name;

Dalam iklan, kita tak dilarang untuk melihat daerah sekitar payudara yang telah diekspos begitu menantang, melainkan justru diajak secara tidak langsung. Iklan demikian itu menjadi menarik karena menghadirkan bagian tubuh perempuan yang selama ini tersimbol tabu, dapat ditampilkan penuh vulgaritas. Eksploitasi kegairan perempuan tanpa batas pada iklan di media massa, meskipun tidak ada hubungan sama sekali dengan wilayah s*ks, dipaksakan harus diseksualkan. Itulah yang menyebabkan perempuan, dengan segala ekspresi yang mengungkapkan pesan teks libidal yang bahkan amat erotis dan tak jarang pornografis, inti perempuan menjadi subjek terpenting dalam iklan di era libido konsumsi yang pesat. .
Yang tak kalah menariknya, menurut hasil kajian Kasiyan dalam buku ini, iklan justru menjadi bentuk eksploitasi lain yang dijangkarkan pada aras stereotip pengiburumahtanggan perempuan. Ini merupakan bentuk perselingkuhan sempurna kapitalisme terhadap ideologi gender. (hlm.340) Dalam iklan, perempuan dihadirkan dengan feminitasnya; urusan dapur, kasur, dan sumur. Sedangkan pada iklan untuk di ranah publik, domestikasi perempuan tampak mengilustrasikan peran dalam profesi yang tak lebih pegawai kelas dua, seperti sekretaris atau guru anak-anak sekolah rendah. Kenyataan ini mengindikasikan bahwa posisi dan peranannya cenderung lebih bermakna sebagai sosok second s*x dihadapan pasangan gendernya, yakni laki-laki, dimana representasi laki-laki dalam iklan relatif cendrung lebih bermakna positif, baik, dan diuntungkan jika dibandingkan dengan perempuan. Misalnya digambarkan sebagai seorang peneliti, pimpinan atau direktur perusahaan, serta peran lain yang bermakna profesional.


Availability
KP II.000200KP II KAS mMy LibraryAvailable
Detail Information
Series Title
-
Call Number
KP II KAS m
Publisher
Yogyakarta : Penerbit Ombak., 2008
Collation
xxxix, 402p. : ill. ; 21cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9789793472850
Classification
KP II
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Perempuan
Pencitraan
Iklan
Kekerasan Terhadap Perempuan
Ekspoitasi Perempuan
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

Perpustakaan Komnas Perempuan
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

Perpustakaan Komnas Perempuan adalah tempat berkumpulnya bahan pustaka mengenai Jender, Perempuan, Kekerasan terhadap Perempuan dan informasi lain.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search