Text
Transformasi Sosial: Kajian Epistemologis Ali Syari'ati tentang Pemikiran Islam Modern
Ikhtiar Ali Syariati untuk membangun konstruksi keilmuan sosiologi Islam ternyata kemudian membawanya untuk bersentuhan dengan dunia pendidikan. Bahwa problem dikotomi ilmu pengetahuan itu harus diselesaikan melalui upaya serius merekonstruksi dunia pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap relevansi pemikiran sosiologi Islam Ali Syariati dengan problematika pendidikan Islam di Indonesia. Paling tidak ada 4 (empat) pertanyaan penelitian yang diajukan; pertama, apa yang menjadi landasan pemikiran sosiologi Islam Ali Syariati?; kedua, apa yang telah dihasilkan dalam pemikiran sosiologi Islam Ali Syariati?; ketiga, apa yang menjadi problematika pendidikan Islam di Indonesia?; dan, keempat, bagaimana relevansi pemikiran sosiologi Ali Syariati dengan problematika pendidikan Islam di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan metode library research. Hasilnya, peneliti menemukan 4 (empat) temuan, yaitu; pertama, pemikiran sosiologi Islam Ali Syariati yang didasari oleh Tauhid sangat relevan dengan upaya peneguhan menjadikan tauhid sebagai basis dan praksis pendidikan Islam di Indonesia; kedua, pemikiran sosiologi Islam Ali Syariati relevan sekali dengan upaya umat Islam dan bangsa Indonesia dalam mengembangkan pendidikan karakter; ketiga, pemikiran sosiologi Islam Ali Syariati ini memberi alternatif solusi dan memperkaya pendidikan Islam di Indonesia untuk terus melakukan islamisasi ilmu pengetahuan; keempat, relevansinya dengan upaya membangun pendidikan Islam di Indonesia yang harus terus diorientasikan dengan aksi, sehingga mendorong terjadinya perubahan yang berkesinambungan, baik untuk dunia pendidikan, keilmuan, dan kehidupan masyarakat dan kebudayaan.
KP XV 000249 | KP XV SUW t | Perpustakaan Komnas Perempuan (perpustakaan Komnas Perempuan) | Available |
No other version available