Text
Teknik permainan dalam pembelajaran HAM
Buku ini bisa menjadi tumpuan bagi para remaja dalam menjalin komitmennya terhadap HAM, dan dalam berpartisipasi perkara HAM. Karya ini menegaskan bahwa mereka telah benar-benar mengarahkan tenaga dan niatnya untuk berpartisipasi dalam pencarian dan pengembangan pendidikan HAM. Pendidikan Hak Asasi Manusia (HAM) sudah diakui ketika Konferensi Dunia tentang HAM dideklarasikan di Wina Austria tahun 1993, hasil konferensi tersebut sering disebut dengan Deklarasi Wina. Pendidikan HAM merupakan bagian dari tanggung jawab negara khususnya dalam pemajuan HAM. Paragraf 78, 79 dan 80 menegaskan posisi pendidikan HAM dalam konteks HAM secara umum. Paragraf 78 Deklarasi Wina menegaskan, pendidikan HAM adalah hal esensial untuk pemajuan dan mencapai hubungan yang harmonis dan stabil diantara komunitas dan untuk memajukan pemahaman yang saling menguntungkan, toleransi, dan perdamaian. Paragraf 79 Deklarasi Wina lebih tegas menyerukan kepada seluruh negara untuk memasukkan HAM, hukum humaniter, demokrasi dan negara hukum sebagai mata pelajaran di dalam sekolah formal ataupun non-formal. Kemudian, paragraph 80 Deklarasi Wina menjelaskan halhal yang lebih teknis yaitu pendidikan HAM harus memasukan demokrasi, pembangunan dan keadilan sosial seperti yang diatur di dalam instrumen HAM internasional dan regional. Kemudian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sendiri mengeluarkan Program Dunia untuk Pendidikan HAM (2004-2009). Pendidikan HAM adalah hal yang esensial di semua tingkat pendidikan formal atau non-formal termasuk pendidikan tinggi hukum. Deklarasi Wina dan Program Dunia untuk Pendidikan HAM memberikan mandat secara langsung kepada pemerintah, termasuk penyelenggara pendidikan tinggi hukum untuk memasukkan HAM sebagai mata kuliah di dalam kurikulum pendidikannya. Lebih khusus, Program Dunia untuk Pendidikan HAM memberikan mandat kepada penyelenggara pendidikan untuk menjamin kualitas dan efektifi tas pendidikan HAM khususnya terhadap kelompok-kelompok rentan seperti minoritas, kaum difabel, anak-anak, perempuan, dan orang miskin. Penyebarluasan informasi HAM merupakan bagian dari pendidikan HAM itu sendiri selain pengajaran dan penyediaan materi HAM. Buku Panduan Pembelajaran HAM ini merupakan bagian dari pendidikan HAM baik itu pengajaran, penyediaan materi HAM dan penyebarluasan informasi HAM. Buku panduan ini menyediakan berbagai metode pengajaran HAM dan materi HAM yang komprehensif dan kontemporer sesuai dengan perkembangan HAM itu sendiri. Kemudian buku panduan HAM ini akan disebarluaskan kepada seluruh penyelenggara pendidikan tinggi hukum di Indonesia baik swasta maupun negeri.
KP.1.00099 | KP..1 ALV t | My Library | Available |
No other version available